UTS ECOMMERS KELAS BB (Unknown)

0 Comments

UTS ECOMERS
  1. Jelaskan infrastruktur apa saja yang harus ada agar bisnis online anda bisa berjalan dengan baik?
  • Technical e-business infrastructure (yaitu hardware, software, teknologi komunikasi, data, dan aplikasi utama)
    • Peralatan komputer / laptop : Komputer / laptop harus bisa terhubung dengan jaringan internet. Kalaupun belum memiliki laptop/komputer, anda bisa datang ke warnet.
    • Jaringan internet : Ini mutlak diperlukan untuk kelancaran bisnis online karena kita akan mengembangkan bisnis online via internet. Sekarang juga cukup mudah dan terjangkau untuk berlangganan internet, bisa melalui perangkat wireless seperti USB Modem yang dipaket dengan provider GSM ataupun CDMA atau bisa melalui jaringan milik Telkom (Speedy)
    • Pengetahuan dasar tentang internet : Ini adalah pengetahuan dasar yang mutlak dimiliki oleh pebisnis online. Jika belum, bisa belajar di warnet atau via kursus, sehingga sudah mahir dan mengerti tentang internet seperti pengetahuan tentang mesin pencari Google, email, blog, facebook, twitter dan system yang biasa digunakan dalam melakukan bisnis online (sistem software) dll
    • HP / Handphone / telpon genggam : Cukup untuk bisa digunakan fasilitas telpon dan SMS itu sudah sangat memadai. Sediakan 1 HP untuk urusan bisnis online, dan itu hanya untuk SMS saja untuk berhubungan dengan para pelanggan.
    • Rekening tabungan Bank. Anda harus memiliki rekening tabungan bank untuk transaksi bisnis online anda. Anda bisa buka di 2 bank tadi atau cukup 1 dahulu. Dalam perkembangan nantinya, anda akan membutuhkan banyak rekening bank. Tapi untuk memulainya, bisa dengan 1 rekening bank. Fungsinya untuk memudahkan melakukan transaksi pembayaran oleh pelanggan. Sebaiknya meggunakan rekenaing bank nasional agar memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran.
    • Human e-business infrastructure (keahlian, pengalaman, kompetensi, komitmen, nilai, norma dan pengetahuan
    2. Bagaimana kondisi infrastruktur tersebut di Indonesia? Uraikan dengan data-data pendukung yang relevan dan sumber-sumber terpercaya (sebutkan sumber-sumber yang menjadi acuan anda)
  • Peralatan komputer / laptop :
Perkembangan komputer untuk bisnis online di indonesia menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan perkembangan internet yang semakin mudah ditemukan diberbagai daerah membuat perkembangan komputer yang biasa digunakan hanya untuk mengolah data menjadi komputer online. Pada awal kemunculanya internet hanya bisa terhubung pada telepon kabel, akibatnya perkembangan internet menjadi sangat terbatas karena tidak semua tempat di indonesia terhubung dengan jaringan telepon. Komputer online biasa dijumpai di perkantoran besar atau warung internet. Kemudian berkembang setelah ditemukanya teknologi penangkap sinyal yang dilekatkan pada komputer khususnya komputer jinjing atau laptop.
  • Jaringan internet :
Negara-negara lain yang termasuk dalam wilayah Asia Pasifik adalah Malaysia, Australia, Thailand, Vietnam, Jepang, China, Singapura, Taiwan, Filipina, Hongkong, dan Korea Selatan. Korea selatan masih menempati koneksi internet tercepat dengan angka rata-rata 22,1 Mbps. Negara yang sekarang menjadi kiblat fashion dunia dan memiliki banyak artis terkenal di dalamnya itu lagi-lagi memegang gelar Negara dengan koneksi “terngebut” di asia pasifik. Korea Selatan, Jepang, dan Hongkong secara berurutan duduk di ranking pertama, kedua, dan ketiga dalam peringkat kecepatan internet rata-rata terkencang di seluruh dunia. Dilanjut Indonesia muncul di posisi ke-118. Sangat miris sekali menurut saya untuk sebuah Negara yang sedang berkembang ini. 70 %n pengguna internet Korea Selatan menikmati kecepatan di atas 10 Mbps, sementara Indonesia hanya 0,1 persen jika ditinjau dari segi adopsi broadband.
  • Pengetahuan dasar tentang internet :
Perkembangan teknologi komunikasi modern yang saat ini terjadi, misalnya internet dapat mengantarkan beragam dinamika yang terjadi di dunia nyata sehingga dapat ditransfer ke dunia virtual. Hal ini dapat terjadi dalam bentuk transaksi elektronik, contohnya: e-businesse-banking atau komunikasi dijital seperti e-maildan messenger. Selain aspek positif yang dibawa oleh kemajuan teknologi komunikasi modern, ada juga aspek negatif yang bisa terjadi, contohnya: pencurian, pemalsuan, penggelapan.
Informasi sebuah perusahaan mengandung nilai ekonomis maupun strategis, agar obyek kepemilikan dapat dijaga dengan baik, maka dibutuhkan metoda pengamanan. Keamanan data sangat dibutuhkan untuk mencegah dampak negatif yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi. Sistem informasi sangatlah rentan terhadap berbagai gangguan keamanan yang dapat mengancam kelangsungan suatu organisasi atau perusahaan. Pentingnya keamanan sistem dapat dikarenakan beberapa hal yaitu: (1) Sistem dirancang untuk bersifat “terbuka”, seperti Internet (tidak ada batas fisik dan kontrol terpusat, perkembangan jaringan (internetworking) yang amat cepat; (2) aspek keamanan yang belum banyak dimengerti oleh pengguna dan menempatkan keamanan sistem pada prioritas yang rendah; dan (3) kurangnya keterampilan pengamanan.
  • HP / Handphone / telpon genggam :.
a)    Sebagai sarana komunikasi
Pastinya sebuah ponsel mempunyai fungsi utama sebagai media komunikasi, Anda dapat memanfaatkan komunikasi yang lebih baik lagi dengan beberapa aplikasi pendukung. Misalnya sebagian aplikasi pendukung komunikasi yaitu whatsapp, line, kakaotalk, we chat, skype, yahoo messenger, serta beragam aplikasi yang lain. Sehingga, makin banyaknya jalur untuk berkomunikasi, makin besar juga kesempatan untuk memperoleh order ataupun pesanan.
b)      Sebagai Penunjang Bisnis
Salah satu contoh yaitu Android yang mempunyai dukungan aplikasi yang amat banyak. Di antaranya di bidang bisnis, anda bisa menemukan banyak aplikasi pendukungnya. Di antara yaitu aplikasi Ongkos Kirim. Aplikasi ini pastinya amat bermanfaat untuk anda yang mempunyai bisnis yang mengharuskan untuk dikirim ke tempat lain. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk mengetahui ongkos kirim dengan memakai sebagian ekspedisi layaknya JNE, POS Indonesia, TIKI, serta sebagian ekspedisi lain. Ada juga aplikasi pelacak online yang memungkinkan kita untuk melacak status paket kiriman kita. Sesungguhnya ada aplikasi lain yang dapat kita pakai, tetapi ke-2 aplikasi tersebut amat bermanfaat untuk pelaku bisnis.
c) Sebagai pengatur bisnis
Ada sebagian aplikasi yang dapat anda pakai di ponsel untuk pengatur bisnis anda. Bila sepanjang ini anda memakai laptop untuk bikin sesuatu laporan, saat ini anda dapat memakai Ponsel ponsel untuk bikin sesuatu dokumen laporan dengan aplikasi Documents To Go. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat mengedit atau bikin dokumen layaknya word, excel, serta power point. Hingga saat ini anda lebih gampang untuk bikin sesuatu laporan maupun presentasi di mana saja dan kapan saja anda perlukan.
  • Rekening tabungan Bank :
Untuk mempermudah melakukan transaksi pembayaran oleh pelanggan. Sebaiknya meggunakan rekeniing bank nasional agar memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran
  1. Jelaskan bagaimana perilaku pembelian online oleh konsumen di Indonesia!
Cara belanja secara online ini maksudnya adalah konsumen tidak melihat secara langsung barang yang dijual, tapi hanya bisa melihatnya melalui foto/ gambar. Jika sudah cocok/ sesuai dengan model, keinginan dan harga produk yang diinginkan maka konsumen akan memesan kepada penjual. Penjual dan pembeli lalu melaksanakan proses transaksi secara lebih intensif. Biasanya produk yang sudah dibeli dikirimkan melalui jasa pengiriman kilat. Dengan syarat konsumen harus mentransfer terlebih dahulu uang pembelian dan mengirimkan bukti transfernya. Dengan adanya media jejaring sosial sistem penjualan secara online ini semakin banyak digunakan baik oleh konsumen maupun oleh penjual. Ditambah juga sekarang semakin banyak konsumen menggunakan handphone blackberry yang juga merupakan salah satu media berjualan online.
Ada banyak alasan konsumen untuk menggunakan media berbelanja secara online ini salah satunya adalah efisiensi waktu untuk mencari sebuah barang. Alasan lainnya adalah harga yang sama dengan harga toko, jenisnya berfariatif, bisa dilihat dalam satu tempat dan lain-lain. Berbelanja secara online memang sangat memudahkan konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja tetapi ingin mengikuti perkembangan model. Namum diantara kemudahan tersebut berbelanja secara onlinepun ternyata memiliki kekurangan. Kekurangannya antara lain terkadang apa yang diinginkan berbeda dengan yang didapatkan, proses pengiriman yang cukup lama dan tidak bisa melihat langsung sebuah produk
Menurut Handi Irawan perilaku konsumen Indonesia dikategorikan menjadi sepuluh, yaitu:
1. Berpikir jangka pendek (short term perspective), ternyata sebagian besar konsumen Indonesia hanya berpikir jangka pendek dan sulit untuk diajak berpikir jangka panjang, salah satu cirinya adalah dengan mencari yang serba instant.
2. Tidak terencana (dominated by unplanned behavior). Hal ini tercermin pada kebiasaan impulse buying, yaitu membeli produk yang kelihatannya menarik (tanpa perencanaan sebelumnya).
3 Suka berkumpul. Masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan suka berkumpul (sosialisasi). Salah satu indikator terkini adalah situs social networking seperti Facebook dan Twitter sangat diminati dan digunakan secara luas di Indonesia.
4. Gagap teknologi (not adaptive to high technology). Sebagian besar konsumen Indonesia tidak begitu menguasai teknologi tinggi. Hanya sebatas pengguna biasa dan hanya menggunakan fitur yang umum digunakan kebanyakan pengguna lain.
5. Berorientasi pada konteks (context, not content oriented). Konsumen kita cenderung menilai dan memilih sesuatu dari tampilan luarnya. Dengan begitu,konteks-konteks yang meliputi suatu hal justru lebih menarik ketimbang hal itu  sendiri.
6. Suka buatan Luar Negeri (receptive to COO effect). Sebagian konsumen Indonesia juga lebih menyukai produk luar negeri daripada produk dalam negeri, karna bias dibilang kualitasnya juga lebih bagus dibanding produk di Indonesia
7. Beragama(religious). Konsumen Indonesia sangat peduli terhadap isu agama. Inilah salah satu karakter khas konsumen Indonesia yang percaya pada ajaran agamanya. Konsumen akan lebih percaya jika perkataan itu dikemukakan oleh seorang tokoh agama, ulama atau pendeta. Konsumen juga suka dengan produk yang mengusung symbol-simbol agama.
8. Gengsi (putting prestige as important motive). Konsumen Indonesia amat getol dengan gengsi. Banyak yang ingin cepat naik “status” walau belum waktunya. Saking pentingnya urusan gengsi ini, mobil-mobil mewah pun tetap laris terjual di negeri kita pada saat krisis ekonomi sekalipun. Menurut Handi Irawan D, ada tiga budaya yang menyebabkan gengsi. Konsumen Indonesia suka bersosialisasi sehingga mendorong orang untuk pamer. Budaya feodal yang masih melekat sehingga menciptakan kelas-kelas sosial dan akhirnya terjadi “pemberontakan” untuk cepat naik kelas. Masyarakat kita mengukur kesuksesan dengn materi dan jabatan sehingga mendorong untuk saling pamer.
9. Budaya lokal (strong in subculture). Sekalipun konsumen Indonesia gengsi dan menyukai produk luar negeri, namun  unsur fanatisme kedaerahan-nya ternyata cukup tinggi. Ini bukan berarti bertentangan dengan hukum perilaku yang lain.
10. Kurang peduli lingkungan (low consciousness towards environment). Salah satu karakter konsumen Indonesia yang unik adalah kekurangpedulian mereka terhadap isu lingkungan. Tetapi jika melihat prospek kedepan kepedulian konsumen terhadap lingkungan akan semakin meningkat, terutama mereka yang tinggal di perkotaan begitu pula dengan kalangan menengah atas relatif lebih mudah paham dengan isu lingkungan. Lagi pula mereka pun memiliki daya beli terhadap harga premium sehingga akan lebih mudah memasarkan produk dengan tema ramah lingkungan terhadap mereka.
4.  Dengan melihat perilaku pembelian online oleh konsumen Indonesia itu, jelaskan peluang dan tantangan yang dihadapi para pelaku bisnis online
  • Peluang
Mindset pengusaha kecil untuk memanfaatkan media internet di Indonesia untuk pemasaran produk akan semakin meningkat. Hal ini juga didukung dengan banyaknya media dan wadah pembelajaran online marketing. Ebook-ebook tentang bisnis internet semakin banyak. Kursus-kursus pemasaran internet bermunculan. Belum lagi liputan media massa terhadap pelaku bisnis berbasis online. Selain itu, peluang bisnis toko online juga menjadi salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba. Toko online yang dimaksud adalah website yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Produk bisa berupa barang atau jasa.
ü    Biaya
Bisnis Online dari segi biaya tidak menjadi penghalang bagi pelaku seperti yang kita ketahui banyaknya bisnis online yang memberikan gratis kepada para pelaku bisnis online. Sebagai contoh jenis bisnis online yang bergerak dalam bidang paid to clickperiklanan, program investasi (hyip), dan bisnis online lainnya banyak yang memberikan gratis baik dalam bentuk credit, rupiah maupun dollar.
ü    Waktu
Salah satu hal yang paling menarik dari bisnis online adalah tidak mengenal waktu, hal itu dikarenakan kita dapat melakukan kapan saja sesuai waktu luang kita, tetapi tidak jarang sebahagian orang menjadikan Bisnis online sebagai sumber mata pencaharian utama. Kegiatan-kegiatan bisnis online kebanyakan sifatnya otomatis tanpa harus mengontrol-pun akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Bisnis online juga tidak memiliki batasan waktu, baik pagi, siang, malam, detik, menit dan jam segalanya bersifat instan dan mudah.
ü    Tempat
Bisnis online tidak harus memiliki kantor ataupun tempat untuk melakukan kegiatan bisnis. Bisnis online dapat dijalankan dimana saja dan kapanpun tanpa harus memiliki ruko, office/kantor showroom dan lain-lain seperti kegiatan dunia bisnis pada umumnya.
ü    Sebagai Lowongan Pekerjaan
Disamping ber – bisnis online, bisnis online juga menjadi sebuah lowongan pekerjaan bagi kita, seperti yang telah saya jelasakan sebelumnya jika banyaknya bisnis online yang memberikankesempatan gratis bagi calon atau pelaku bisnis online itu sendiri.
ü    Pelaku Bisnis Online Adalah Bos
Sebagai pelaku atau pemain bisnis online tidak mengenal kata bos dan karyawan, pelaku bisnis online adalah bos bagi diri mereka sendiri. Tanpa harus ada perintah, referensi dari atasan, pelaku bisnis online tetap bisa menjalankan kegiatannya.
ü    Potensi penghasilan sangat besar, bisa dibayar dalam dollar.
Internet adalah global, demikian juga pembeli atau customer anda meliputi seluruh dunia. Apalagi kalau website anda menggunakan atau menjual produk berbahasa Inggris. Atau bahasa yang lain, misalnya mandarin, maka pasar anda sangat besar, bahasa Jerman dlsbnya.
ü    Bisa dijalankan secara otomatis.
Sekali anda sudah menguasai apa yang harus dilakukan setiap hari, anda bisa membuat sebuah sistem sehingga anda tidak perlu melakukan hal yang sama yang setiap hari anda harus lakukan. Kehebatan internet adalah anda bisa lakukan hampir semua pekerjaan anda secara otomatis. Ada banyak software yang bisa membantu mengotomatiskan berbagai tugas rutin di Internet.
ü    Tidak ada pajak, pungutan, pajak penghasilan
Selama produk anda informasi atau digital produk dimana bisa dikirimkan lewat internet atau didownload untuk mendapatkan nya, maka anda tidak dikenakan biaya bea masuk, pajak dan tetek bengek yang lainnya.
  • Tantangan
ü  Koneksi Internet.
Saya rasa bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan atau kota-kota besar koneksi internet bukan lah menjadi suatu kendala, namun sebaliknya bagi mereka yang tinggal di desa  jaringan Internet masih jauh di bawah standart.
ü  Penguasaan Bahasa Asing.
Kendala terbanyak dan paling umum dimiliki oleh para bisnis online pemula yaitu faktor penguasaan bahasa asing atau bahasa inggris. Walaupun ada saja solusi untuk mengatasi masalah tersebut seperti bisnis paid review dengan memakai jasa penerjemah namun tetap saja tidak akan maksimal usaha yang dilakukan karena sifat ketergantungan secara terus-menerus tidak akan bisa menjamin totalitas hasil usaha akan tercapai secara maksimal.
ü  Tekad dan Kemampuan.
Tekad / modal nekat saja dan kemauan yang tinggi tidaklah cukup untuk sukses dalam bisnis online tanpa memiliki kemampuan atau salah satu keahlian dasar yang dibutuhkan
ü  Banyaknya pengguna Internet yang tak sejalan dengan tingkat penjualan e-commerce
Indonesia yang dikenal sebagai negara berpenduduk terbanyak keempat di dunia diketahui memiliki jumlah pengakses internet yang juga cukup banyak. Namun tak disangka hal tersebut rupanya tak berdampak cukup baik terhadap tingkat penjualan e-commerce di Indonesia. Menurut situs Quartz, Indonesia berada di posisi paling akhir dari lima negara di Asia perihal peringkat penjualan e-commerce Walau begitu, diproyeksikan pertumbuhan nilai penjualan e-commerce Indonesia ditargetkan akan bertumbuh dua kali lipat pada tahun-tahun mendatang, yang diikuti pula dengan pertumbuhan mobile commerce di Indonesia yang diprediksi akan ikut mendongkrak pertumbuhan ini. Belum lagi dengan bertumbuhnya pengguna internet di wilayah Indonesia timur juga mampu mendatangkan potensi yang positif bagi bisnis e-commerce Indonesia.
ü  Akses belanja online di Indonesia masih didominasi oleh kalangan profesional
Apa yang menjadi fokus Quartz kali ini cukup menarik. Diketahui, saat ini mayoritas trafik tertinggi dalam aktivitas belanja online berkisar di dalam waktu “jam-jam kantor”. Dikatakan oleh Rio Inaba CEO Rakuten Indonesia yang dimuat dalam pemberitaan Quartz, trafik pembelanjaan online akan meningkat lagi di waktu sore hari atau setelah para pekerja selesai istirahat makan siang. Hal ini menurutnya dikarenakan para pembelanja lebih merasa mudah mengakses situs-situs e-commerce di kantornya ketimbang mengaksesnya di rumah. Masalah ini berkaitan dengan masih lambatnya koneksi jaringan internet di rumah.
Untuk isu seperti ini untungnya Indonesia saat ini tengah berbenah diri seperti contohnya dengan menyiapkan koneksi jaringan internet berkecepatan 10Gbps di tahun 2015 mendatang. Para penyedia layanannya pun juga sudah siap seperti; Telkom Akses, MNC Grup, First Media, dan beberapa pemain lainnya.
ü  Konsumen Indonesia masih menyukai belanja online lewat cara “konvensional”
Walau sudah serba online, nyatanya konsumen Indonesia saat ini masih jauh lebih menikmati belanja online dengan cara lama seperti lewat grup di BlackBerry Messenger (BBM), classified marketplace, forum, hingga layanan jejaring sosial seperti Facebook dan lain-lain. Semua layanan ini merupakan sistem belanja online yang bisa mempertemukan antara penjual dan pembeli (C2C).
Kondisi ini memberikan suatu kesimpulan singkat akan tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia masih dipertaruhkan, walau penipuan belanja online sudah tak semarak dulu, namun hal ini tetap menjadi tantangan bagi banyak pelaku industri e-commerce untuk bisa melakukan langkah strategis demi mengedukasi pasar.
ü  Masih terbatasnya layanan pembayaran dan keperluan logistik
Tantangan ini bisa membuktikan bahwa e-commerce bisa menjadi solusi terbaik bagi konsumen Indonesia di tengah-tengah buruknya infrastruktur transportasi. Isu kemacetan dan buruknya sarana transportasi massal ke pusat-pusat perbelanjaan tentu membuat konsumen harus berupaya tinggi untuk dapat berbelanja. Dengan e-commerce masalah tersebut tentu bisa teratasi
5.  Jelaskan bagaimana cara untuk menentukan domain name bisnis online
Aturan dasar yang telah ditetapkan PANDI dan ICANN. PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) adalah sebuah badan hukum yang memiliki wewenang untuk mengatur pengelolaan domain .id yang dibentuk tanggal 29 Desember 2006 di Jakarta melalui dukungan Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika, Departemen Komunikasi dan Informatika. ICANN (Internet Corporation for Assigned Name and Number) adalah organisasi nirlaba yang ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA). ICANN didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998 yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California (Wikipedia).
a)      Nama domain selalu diikuti ekstensi atau akhiran seperti .info, .asia, .com, dan .co.id
b)      Ekstensi nama domain tersebut mempunyai arti tersendiri seperti di antaranya:
  • .com (comercial) : untuk perusahaan, istansi, atau organisasi yang bersifat komersial
  • .edu (education) : untuk yayasan atau lembaga pendidikan
  • .gov (goverment) : untuk instansi dan lembaga pemerintahan
  • .info (information) : untuk informasi bebas
  • .net (network) : untuk jaringan/ penyedia jasa internet
  • .org (organization) : untuk organisasi yang tidak bersifat komersial
  • .ac.id (academy/ college) : untuk lembaga pendidikan perguruan tinggi/universitas
  • .co.id (commercial) : untuk perusahaan/ lembaga komersial yang berbadan hukum
  • .go.id (goverment): untuk lembaga pemerintahan
  • .net.id (network): untuk lembaga penyedia jasa internet/ jaringan
  • .or.id (organisasi) : untuk lembaga atau organisasi yang tidak bersifat komersial dan untuk Lembaga Sosial Masyarakat (LSM)
  • .sch.id (school) : untuk lembaga pendidikan tingkat dasar sampai tingkat menengah
  • .web.id : untuk perorangan/ kelompok yang sifatnya lebih luas
Nama domain yang berekstensi .id termasuk ccTLD (country code Top Level Domain) sedangkan yang lainnya termasuk TLD (Top Level Domain).
c)      Nama domain harus terdiri dari huruf, angka, atau strip (-), tidak boleh mengandung garis bawah (_) dan tidak boleh terdapat simbol-simbol khusus seperti ?, !, ;, &, %, #, <, >, =, {, }, [, ], *, ^, $, @, `, “.
d)     Meskipun nama domain boleh mengandung tanda strip/minus (-) tetapi tidak boleh disimpan di awal.
e)      Maksimal panjang nama domain adalah 63 karakter. Beberapa ekstensi nama domain membatasi sampai 23 karakter.
Penetahuan mengenai kaidah dasar nama domain di atas akan membantu menentukan nama domain yang tepat untuk website yang akan dibangun. Setelah memperhatikan kaidah dasar nama domain untuk menentukan ekstensi domain, langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain itu sendiri. beberapa cara memilih nama domain yang baik.
a)      Sesuaikan nama domain dengan konten dan tujuan umum website yang akan dibangun.
b)      Usahakan nama domain sesingkat mungkin tanpa mengesampingkan poin kesatu.
c)      Gunakan TLD (Top Level Domain)  terlebih dahulu seperti ektensinya .com .net, .org, .biz, dan lain-lain.
d)     Beberapa narasumber tidak merekomendasikan nama domain yang mengandung tanda strip (-) dan angka. kalaupun terpaksa, seabiknya angka disimpan diawal atau diakhir nama domain.
e)      Usahakan nama domain yang sudah diingat. Nama domain yang singkat belum tentu mudah diingat seperti, budidaya-kentang.com akan lebih mudah diingat daripada tbtk.com.
6. Jelaskan bagaimana cara mengelola domain name yang anda miliki
cara mengelola domain name di drupadi hosting
Langkah-langkahnya sebagai berikut  ( Panel domain langsung ke registrar )
  • Login panel domain melalui web : http://cp.jackaldomain.com/customer Username = Email anda saat mendaftar di Drupadi Hosting dan password saat mendaftar ke Drupadi Hosting Jika anda lupa password, bisa dengan meminta ulang password di “Forgot Password”
  • Setelah memasuki halaman manage domain, untuk melihat list domain yang kita miliki, pilih menu Manage Orders >> List/Search Orders
  • Menu berikutnya adalah List nama-nama domain yang anda miliki. Silahkan pilih domain yang akan dilakukan perubahan.
  • Berikutnya adalah menu Domain Registration Management, pada menu ini anda    dapat melakukan beberapa perubahan terhadap
a. Contact Details : Rincian contact yang akan di tampilkan pada whois domain jika Privacy Protection non Aktif.
b.  Child Name Servers : Pembuatan Name Server dengan menggunakan nama  domain tersebut.
c. Privacy Protection : Menu untuk merubah whois domain agar tidak menggunakan contact detail.
d. Domain Secret : Adalah kode autorisasi untuk proses transfer domain atau disebut juga EPP Code
e. Name Servers : Name Server yang akan anda gunakan untuk mengarahkan domain anda di dns zone.
f. Theft Protection : Menu penguncian registrar yang berguna untuk mencegah transfer oleh pihak lain.
  • Email : merupakan feature dari registrar, yang memungkinkan anda membuat email dengan nama domain anda.
  • DNS Management : Merupakan Feature dari registrar, yang memungkinkan anda menggunakan DNS Server dari registrar untuk pengelolaan DNS domain anda – Cara menggunakan Menu DNS Management
  • Domain Forwarding : Merupakan salah satu feature dari registrar, yang memungkinkan domain anda di teruskan ke domain lain.
7. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang search engine optimization. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam search engine optimization
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. SEO juga bisa diartika sebagai metodologi strategi , teknik dan taktik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web dengan mendapatkan penempatan tinggi di halaman hasil pencarian mesin pencari ( SERP ) – termasuk Google , Bing , Yahoo dan mesin pencari lainnya .

1. Gunakanlah Menu Navigasi

Sebelumnya apakah kalian sudah mengetahui apakah menu navigasi itu ? Yup menu navigasi adalah semacam menu yang biasanya terletak di header, atau footer blog. Menu navigasi biasa terisi dengan “Home”, “About”, “Contact”, “Sitemap”, “Privacy Policy”, dan lain sebagainya. Diawal-awal saya membuat blog, saya sering mengabaikan penggunaan menu navigasi ini. Padahal penggunaan menu navigasi ini penting didalam suatu blog
Blog akan lebih mudah diakses dan teratur. Bukankah kita membuat blog untuk memudahkan dan memberi kenyamanan kepada para pembaca ? tentunya dengan penggunaan menu navigasi ini pengguna akan lebih mudah mengakses dan mengetahui secara gamblang tentang situs kita.

2. Buatlah Tag Pada Gambar di Postingan

Ini juga sering dilalaikan oleh para blogger. Mereka membuat postingan, memasukan gambar namun tidak membuat tag dan properti didalam gambarnya. Padahal dengan melakukan hal tersebut, gambar akan semakin  menjadi SEO Friendly dan secara langsung akan meningkakan nilai SEO kamu di mesin pencari. Masukkan gambar kedalam blog dengan ukuran yang tidak terlampau besar dan juga beri tag keterangan pada gambar tersebut sesuai dengan isi gambar.

3. Buat dan Submit Sitemap

Untuk membuat sitemap atau daftar isi dan menyubmit sitemap sudah saya jelaskan di postingan beberapa waktu yang lalu. Mungkin bisa kalian lihat postingannya di bawah ini :
Usahakan juga untuk menyubmit sitemap beberapa minggu sekali agar mesin pencari yang memeriksa situs kamu dapat mengakses semua postingan kamu dengan mudah dan cepat. Tentunya hal ini dapat meningkatkan trafik pencarian ke situs kamu.

4. Gunakan Permalink yang Mudah dan Menarik

Mungkin istilah ini masih terdengar asing bagi kalian, oke permalink atau permanen link adalah semacam URL yang merujuk kepada suatu web atau forum namun letaknya lebih dalam ke arsip blog atau kedalam suatu postingan

5. Manfaatkan Link Internal

Dengan menggunakan link internal, link-link blog kau akan semakin terhubung. Salah satu cara untuk memasukkan link internal ke blog kita adalah dengan menggunakan widget related post, random post atau newest post / recent post. Cara ini akan membuat pengunjung kamu akan semakin lama berada di blog kamu dan membaca postingan-postingan lama kamu. Selain menggunakan widget related post, random post atau newest post / recent post, link internal juga bisa diterapkan dengan menambahkan sebuah link kedalam kata-kata yang disorot. Contoh link internal adalah ini, klik disini untuk ke Homepage. Saat kamu mengklik link tersebut, kamu akan menuju ke homoepage blog ini, namun kamu juga bisa menerapkan link lainnya juga.
Penggunaan link internal juga akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks semua postingan kamu karena postingan kamu akan terhubung satu sama lainnya. Pageviews pun akan bertambah banyak, oh iya, saat menggunakan link internal, gunakanlah judul link yang sesuai untuk menggambarkan isi artikel kamu.

6. Percepat Waktu Loading Blog

Sama seperti pengunjung blog, mesin pencari juga malas menunggu blog/web dengan waktu loading yang lama. Waktu loading blog yang lama juga dapat mengurangi lalu lintas pengujung blog kamu. Saran saya gunakanlah widget blog yang seperlunya saja tidak usah terlalu banyak menggunakan widget yang tidak penting, Bukanka lebih baik memiliki blog yang punya banyak pengunjung dengan tampilan sederhana dan waktu load yang cepat ?

7. Gunakan Forum

Di beberapa postingan tentang SEO, saya sudah menjelaskan betapa pentingnya keaktifan kita di forum. Aktif di forum adalah salah satu cara untuk membangun reputasi kamu sebagai blogger. Selain itu dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung, rangking di mesin pencari dan tentunya backlink. Ini adalah salah satu cara untuk membangun reputasi sebagai seorang blogger.

8. Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, linkedln, lintas berita dan lain sebagainya sangatlah penting. Dewasa ini kebanyakan lalu lintas pengunjung blog banyak yang melalui media sosial. Mulai promosikanlah blog kamu ke media-media sosial, dapatkan lalu lintas yang melimpah serta blog kamu pun akan semakin SEO.
8.  Menurut anda mesin pencari manakah yang efektif untuk mendukung bisnis online dari mesin-mesin pencari  google.com, yahoo.com dan ask.com. Jelaskan alasan anda!
Konsumen mulai ketergantungan terhadap media sosial dan penelitian online dalam membuat keputusan pembelian. Google adalah alat yang paling banyak dipakai orang-orang untuk mencari sebuah referensi. Karena itu Google sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan kecil untuk mempromosikan bisnisnya. Namun menurut Frederick Vallaeys dari Google AdWords, hampir dua pertiga (sekitar 63%) perusahaan belum memiliki website.
Dikutip dari Business News Daily, berikut adalah ringkasan tentang tools milik Google yang dapat Anda manfaatkan untuk bisnis Anda dalam digital.
1.      Ad Words Express
Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengatur bisnis Anda di digital atau belum menemukan agency yang tepat untuk bisnis Anda, Ad Words Express adalah solusi yang simpel. Anda dapat menyajikan informasi-informasi dasar tentang bisnis Anda dan Google akan membuat iklannya tentang perusahaan Anda. Google juga akan mengatur iklan Anda dan menyalurkannya pada orang-orang yang tepat sesuai dengan bisnis perusahaan Anda.
2.      Google+ Bisnis Anda
Dalam Google+, Anda dapat memberikan tautan-tautan, foto, dan promosi dengan customer yang tepat di saat yang tepat. Sebuah post dalam Google+ juga dapat dibuka untuk umum, sehingga orang dapat mencari post Anda. Selain itu Anda juga dapat menggunakan fitur “circles” untuk menyebarkan informasi pada orang-orang yang tepat. Bahkan fitur video chat pun dapat Anda gunakan untuk customer yang memerlukan informasi secara mendalam.
3.      Google Analytics
Anda butuh mengetahui apakah marketing yang Anda lakukan itu efektif atau sia-soa. Google Analytics adalah alat yang tepat untuk mengukur kesuksesan Anda. Anda tidak membutuhkan orang-orang yang pintar dalam menganalisa untuk mengetahui ini.
Alat ini gratis dan Anda dapat mengetahui bagaimana engagement Anda dengan customer, siapa yang melihat website Anda, apa yang dilihat, dan masih banyak lagi hal-hal seru lainnya. Ketika Anda mengetahui analisanya, Anda dapat membuat strategi yang lebih baik lagi.
4.      Google Offers
Customer masih selalu dapat digerakkan oleh penawaran-penawaran menarik dan Google Offers dapat membantu mencocokkan bisnis Anda dengan customer yang relevan di area Anda yang sedang mencari diskon.
Customer membayar terlebih dahulu untuk diskon yang dipilih dan Anda akan dibayar beberapa hari setelah penawaran berjalan.
5.      Google AdSense
Google dapat menggerakkan customer kepada bisnis Anda sekaligus menjadi sumber uang perusahaan. Anda dapat memasukkan Google ke website Anda dan mendapatkan uang dari iklan yang ada di Google tersebut.